Tips memanfaatkan dan mengolah air hujan


Tips memanfaatkan dan mengolah air hujan
Ya, bisa kita ketahui sekarang hampir sebagian wilayah di Indonesia sedang dilanda musim hujan sehingga membuat beberapa kota di landa banjir. Padahal air hujan yang berlebihan bisa ditampung, dikelola, dan dimanfaatkan kembali atau disimpan sebagai cadangan pada saat musim kemarau sehingga bisa teratasi. Pada artikel ini akan menjelaskan pengolahan air hujan dan pemanfaattan kembali kegiatan sehari-hari.
  • Terapkan teknik biopori disudut-sudut rumah.


Teknik biopori ini cukup populer dibeberapa waktu dan sudah bnyak di terapkan di kota-kota besar. Prinsip kerja dari teknik ini cukup mudah untuk mengaplikasiannya hanya dengan membuat lubang-lubang yang di isi dengan daun-daun kering. Lubang-lubang tersebut menjadi daerah resapan air sehingga pada saat hujan turun air, akan langsung terserap ke dalam lubang-lubang biopori dan tidak sampai menimbulkan genangan bahkan banjir. Biopori ini akan menyimpan air di dalam tanah secara alami dan menjaga persedian air tetap ada, sampai musim hujan berikutnya. Dalam memilih tempat atau lahan yang dijadikan sarana biopori tidak ada ketentuan. Namum sebaiknya pilih tempat yang sering tergenang air, disekitar pada area yang datar di sudut-sudut rumah. Pastikan kondisi lahan stabil dan apat menampung air dalam jumlah yang banyak.
  • Mengurangi penggunaan paving.


Hal yang cukup sederhana dengan memaksimalkan potensi air hujan dengan membuat rumah anda titak ditutupi paving dari semen yang bisa mengurangi resapan air pada saat tergenang di tanah. Dengan demikian resapan air lebih cepat dan genangan air bisa terhindar
  • Memasang RAIN WATER UTILIZATION SYSTEM.


Mengolahan air hujan semakin mudah dengan penggunaan RAIN WATER UTILIZATION SYSTEM, Sistem ini mengolah air hujan melalui serangkaian tahap mulai dari menampungnya di tandon ai kemudian dialirkan melalui pipa khusus. Dan disimpan di bak-bak lain untuk memanfaatkan ketika musim kemarau.
Pada system, terdapat banyak filter untuk menyaring air sehingga air layak untuk dikosumsi. Filter-filter tersebut harus rajin di cek dan dibersihkan secara berkala dan dibersihkan supaya menjaga kualitas air tersebut. System ini cocok di pakai untuk semua bangunan.
  • Membuat tempat penampungan air.


Membuat tempat penampungan air yang cukup besar sangat bermanffat bagi kita.Air hujan yang berlimpah pada saat musim hujan dapat kita tampung sehingga pada saat musim kemarau kita tidak perlu khawatir terhadap krisis kekurangan air

Sekian tips dari saya semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dalam pengolahan dan pemanfaatan air hujan.
Sekian dan terima kasih.
Tuhan Memberkati

Related Posts:

0 Response to "Tips memanfaatkan dan mengolah air hujan"

Posting Komentar