Bangsa Viking


BANGSA VIKING merupakan para ksatria yang  berasal dari skandavia yang sekarang menjadi Denmark, Swedia, Norwegia.Bangsa viking pernah menyerang dan menguasai  sebagian besar daratan eropa,khususnya bagian timur dan utara yaitu pada abad ke-9 dan ke-10.
Selama abad ke-8,jumlah penduduk skandavia,tempat bangsa viking tinggal  meningkat secara signifikan .Akibatnya hasil dari bercocok tanam tidak dapat memenuhi  kebutuhan mereka. Pencarian daerah baru pun dimulai. Mereka membuat kapal-kapal yang panjang tetapi tidak lebar untuk menjangkau wilayah-wilayah atau daratan lain. Dengan satu atau dua kapal, bangsa Viking mulai menyerang daerah lain. Mereka mendarat di pesisir, menyerang banyak desa dengan sangat kejam dan membawa harta hasil rampasan. Pada tahun 793 Masehi, armada bangsa Viking sampai di kepulauan Inggris dan menghancurkan Lindisfarne, yaitu wilayah Inggris di bagian utara. Selama beberapa tahun kemudian bangsa viking  juga menyerang pesisir Skotlandia, Wales, Irlandia dan Prancis bagian utara.Raja yang sukses mempimpin bangsa viking adalah RAGNAR LODROK, ia adalah pahlawan legendaris bangsa Viking yang banyak disebut dalam puisi atau saga Nordik kuno. 

Bangsa Viking adalah bangsa yang amat percaya bahwa dewa mereka sangat hebat dan sangat suka berperang.Orang viking  mengkisahkan kisah kepahlawan dan kisah  para dewa mereka  dalam puisi panjang yang disebut  saga.Bangsa viking percaya dunia akan berakhir dalam medan perang besar antara para dewa melawan para raksasa di ragnarok(senjakala para dewa).Bangsa viking mempercayai ODIN sebagai dewa tertinggi dan mereka yakin pada saat mati didalam peperangan akan diangkat dan dibawa oleh  Valkyri, yakni 12 pembantu Odin menuju Valhalla, sebuah aula besar untuk menghabiskan keabadian dengan berpesta dan berperang. Pada tahun 851 masehi bangsa viking kembali menyerang inggris dengan pasukan yang sangat besar dan sekitar 350 kapal mengangkut pasukan viking menyerang kent menghacurkan canterbury,pada tahun 866 bangsa viking menyerang dengan pasukan yang lebih besar  dibawah kepemimpinan Halfdane dan Basceg kembali menyerang kent .Dalam kurung waktu 5 tahun bangsa viking hampir mengusai daratan inggris. . Kemenangan raja Alfred Agung (849-899) terhadap pasukan Viking yang dipimpin oleh Gruthrum di Edington pada tahun 875 menyelamatkan Inggris bagian selatan dan barat.

sebagian bangsa viking berlayar ke inggris dan bertempat tinggal di daerah yang mereka taklukan.Kota york,Linclon, dan Derby telah menjadi pemukiman bangsa Viking di Inggris. Di wilayah Irlandia bangsa Viking mendirikan kota Dublin dan Waterford sebagai kota dagang. Sebagian besar Prancis bagian utara, yang kemudian dikenal sebagai Norman atau Normandia (yakni berasal dari kata Norsemen) direbut oleh Earl Rollo dan di diami oleh bangsa Viking. Sebagian bangsa Viking berlayar ke timur untuk menjelajahi sungai-sungai di Eropa bagian timur. Di Kiev, mereka mendirikan sebuah kerajaan bernama Russ atau yang sekarang dikenal Rusia. PENJELAJAH SAMUDERA Bangsa Viking merupakan ahli navigasi yang handal. Dengan mempelajari posisi bintang dan Matahari mereka dapat secara tepat menjelajahi lautan luas.Mereka menjelajahi dunia dan telah sampai pada islandia disan bangsa viking membuat sebuah majelis bernama Althing ,majelis ini berfungsi sebagai  membicarakan dan memutuskanpermasalahan dengan masyrakat.sampai saat ini Althing merupakan parlemen tertua di dunia .Pada tahun 982 masehi permukiman pertama bangsa viking di greenland didirikan,dan seorang viking yang bernama leif ericsson menemukan timah di daerah greenland.Meskipun bangsa viking sampai menjelajahi amerika utara tetapi merekan tidak membuat pemukiman.

Sekitar tahun akhir tahun 900 masehi kerajaan viking mulai surut untuk tidak melakukan serang-serangan yang besar,para pemukiman viking di sebagian eropa mencoba untuk hidup damai dan seiringnya  diterimanya ajaran kristen oleh bangas viking, upaya bangsa viking yang terakhir untuk berkuasa dari Norwegia yang dipimpin oleh Harald Harada menyerang inggris pada tahun 1006 masehi namun akgirnya kalah dan ia pun dibunuh.sejak saat itu bangsa viking pun kehilangan hasrat untuk perang,dan mereka pun memilih menjadi pedagang atau petani meninggalkan perang dan upaya merebut atau menjarah.

FAKTA TENTANG BANSA VIKING
•    Tidak memakai helm bertanduk
Penggambaran berasal dari zaman Viking tidak menunjukkan hal itu. Helm Viking yang otentik, yang pernah ditemukan, bebas tanduk. Pelukis tampaknya telah membuat tren bahwa helm Viking bertanduk selama abad ke-19.

•    Dikuburkan di perahu
Viking amat mencintai kapalnya. Menurut kepercayaan Norwegia, prajurit akan memasuki alam yang mulia setelah kematian dan kapal yang melayani mereka semasa hidup akan membantu mereka mencapai tujuan akhir akhirat itu. Perompak ulung dan perempuan terkemuka juga dikuburkan di kapal dengan dikelilingi oleh senjata, barang-barang berharga dan kadang-kadang budak yang dikorbankan.

•    Sangat higienis
Berdasarkan bukti arkeologis, bangsa Viking telah memiliki pinset, pisau cukur, sisir dan pembersih telinga yang terbuat dari tulang hewan dan tanduk. Mereka juga mandi setidaknya sekali seminggu―jauh lebih sering daripada bangsa Eropa lainnya―dan berendam di air panas alami.

•    Rambut pirang
Agar sesuai dengan cita-cita budaya mereka, pria-pria Viking akan menggunakan sabun dengan kandungan alkali tinggi untuk memirangkan rambut mereka. Di beberapa daerah, jenggot juga dipirangkan. Kemungkinan, perawatan ini juga membantu mereka mengatasi masalah yang jauh lebih merajalela: kutu.

SUMBER GAMBAR :WWW.GOOGLE.COM

Related Posts:

0 Response to "Bangsa Viking"

Posting Komentar