6 hal sepele merusak lingkungan

Tanpa kita sadari biasanya kita melakukan hal hal sepele yang dapat merusak lingkungan seperti,6 hal dibawah ini
1.Boros kertas
Meski jaman sudah sudah canggih,tetapi kertas masih tetap eksis untuk digunakan,namun jika kertas digunakan secara boros dan hanya digunakan sembarangan,maka kita perlahan lahan menghangcurkan lingkungan secara tidak langsung,karna kertas terbuat dari pohon, jika permintaan kertas melonjak maka semakin banyak pohon yang ditebang maka akan mengakibatkan hutan gundul dan panas bumi meningkat.

2.Memakai kantong plastik
Memang kita sudah terbiasa menggunakan kantong plastik saat berbelanja ,tetapi  setelah kita menggunakan kantong plastik kita buang begitu saja,tanpa kita kita sadari kita sudah merusak lingkungan,bayangkan sekitar ada 500 juta sampai 1 miliyar  kantong plastik digunakan diseluruh dunia dalam setahun. Untuk membuatnya, diperlukan 12 juta barel minyak per tahun, dan 14 juta pohon ditebang.Dan karna membuatnya banyak digunakan zat zat kimia menjadikan kantong plastik sulit terurai,dan menjadi menumpuk dan akan merusak lingkungan.Butuh waktu lama untuk kantong plastik terurai.

3.Boros listrik
Litrik sudah menjadi kebutuhan pokok buat kita , dimana setiap hari kita gunakan,bagaimana kalau didunia tidak ada listrik pasti kita hidup dengan kesusahan,tetapi kita sebagai manusia biasanya  selalu memakai listrik secara berlebihan dan sembarangan. Efek kita jika menggunakan listrik secara berlebihan maka saat anda keluar rumah saja di siang hari pasti anda merasakan panas yang luar biasa. Hal ini dikarenakan pembangkit listrik bertenaga bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas bumi, dan batu bara dalam prosesnya akan mengeluarkan zat CO2 yang akan merusak lapisan ozon di bumi ini.Bukan hanya itu saja Pembangkit listrik tenaga fosil yang menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya tentu suatu saat akan kehabisan stok dan akan berhenti sendiri dan tidak ada gantinya. Jika anda tidak menghemat listrik dari sekarang, banyak sekali dampak yang akan mengenai anak-anak bahkan cucu kita nanti.

4.Boros air
Air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia ,dimana setiap hari kita pasti menggunakan air untuk minum,memasak sayur,mandi,mencuci baju.tetapi terkadang  kita sebagai manusia menggunakan air secara berlebihan dibuang buang seperti saat kita mengisi air di bak mandi  tidak di pantau sehingga air terbuang sia sia.Dan semakin banyaknya pertumbuhan manusia air semkin banyaknya air digunakan ,menjadikan sumber air bersih semakin menipis dan terbatas ,namun suplai air semakin sedikit seiring dengan turunya kualitas air di dunia,jadi hemat lah gunakan air.

5.Menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh dekat
Kita sebagai manusia sudah tidak bisa lepas dari kendaraan pribadi,hampir setiap orang di muka bumi pasti sudah memiliki kendaraan  pribadi ,terkadang kita  hanya pergi ketempat yang dekat saja menggunakan kendaraan,contohnya jarak rumah kita ke warung haya 10 meter saja tetapi karna kita malas berjalan kaki kita menggunakan motor,tanpa kita sadari kita sudah turut menyumbang polusi udara,bahaya kan.

6.Buang sampah sembarangan
Kampenya dilarang membuang sampah sudah sering kali dan larangan membuang sampah sembarangan sudah kita dengarkan dan membacanya , tetapi  entah kenapa kita selalu tidak bisa menghilangkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya,mungkin sudah kebiasaanjadi mulai sekarang kita harus membuang sampah pada tempatnya.biar lingkungan kita tetap berseri dan bersih

Related Posts:

0 Response to "6 hal sepele merusak lingkungan"

Posting Komentar