7 cara mudah menyelamatkan lingkungan


1.Hemat kertas
Bahan utama pembuatan kertas adalah pohon,Sekitar 80% bahan baku di ambil dari hutan.sehingga pada saat menggunakan kertas pakai lah kertas dengan bijak,jangan dipakai untuk coret coret saja,dipakai untuk bungkus cabe atau bungkus belacan.Tanpa kita sadari kalau kita menggunakan kertas dengan bijak berati kita sudah menyelamtkan bumi.

2.Hemat listrik
Hemat dalam konsumsi listrik menjadi salah satu tindakan bijak yang bisa kita lakukan dengan mudah. Meskipun terlihat mudah, menghemat listrik akan memberikan dampak yang besar terhadap penyelamatan lingkungan hidup, terutama di Indonesia. Pertama, Indonesia merupakan negara yang miskin listrik. Dan yang kedua, 80 persen sumber energi listrik di Indonesia masih bergantung pada energi berbahan fosil.
contoh menghemat listrik:pastikan mematikan lampu setelah digunakan,jangan buka tutup lemari es,cabut perlatan elektronik setelah digunakan.

3.Kurangi pemakian bahan yang terbuat dari plastik
Plastik terbuat dari zat zat yang sulit terurai,butuh waktu hingga ratusan tahun untuk plastik benar benar terurai.jadi kita harus bijaksana menggunkan plastik,kita dapat mengemat penggunaan plastik seperti membawa tas belanja pada saat belanja,jika tidak ada tas belanja gunakan bahan plastik yang mudah terurai ,biasakan membawa botol air minum dari rumah karna dapat mengurangi limbah botol plastik.

4.Hemat air
Penggunaan air secukupnya dapat menyelamatkan lingkungan dunia ,kita dapat melakukan hal sepele dalam penghematan air seperti saat menyikat gigi kita matikan air kran air dan nyalakan lagi saat berkumur,pada saat mandi jangan boros air,dan jangan buang buang air.

5.Pilihlah barang yang hemat energi dan ramah lingkungan
Pemilihan barang yang kita pakai sehari-hari haruslah yang hemat energi dan ramah lingkungan. Seperti kendaraan ramah lingkungan, lampu hemat energi dan lain-lain. Hal ini juga dapat menghemat keuangan kita.

6.Menanam pohon
Menanam pohon merupakan salah satu tindakan yang dapat menyelamatkan lingkungan karna pohon menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen rata-rata 1,2 kg perhari/batang. Dan manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas sebesar 0,5 kg perhari/orang. Pohon juga menyerap dan menyimpan air hujan untuk menghidari banjir dan menjadikannya sebagai air tanah, cadangan air hingga musim kemarau tiba.

7.Biasakan tidak menggunakan motor untuk berpegian jarak dekat
Kita lebih baik berjalan kaki untuk berpegian jarak dekat ,karna dengan jalan kaki saja kita sudah mengurangi polusi kendaraan dan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Related Posts:

0 Response to "7 cara mudah menyelamatkan lingkungan"

Posting Komentar